Mengenal Jenis dan Karakteristik Kertas di Dunia Percetakan

Mengenal Jenis dan Karakteristik Kertas di Dunia Percetakan


Bannespanduk.com - Di dunia percetakan, mengenali jenis kertas adalah salah satu faktor penting. Memang ada banyak varietas, dan tentu saja, karakter makalahnya juga beragam. Dengan mengetahui ukuran, jenis, dan fungsi kertas, kita dapat lebih memahami proses pencetakan. Ketika ini dipahami, kita dapat lebih mudah menghitung keputusan untuk hasil cetak akhir yang ingin kita buat.

Sebelum membawa bahan cetakan untuk dicetak, Kamu harus terlebih dahulu memahami dimensi kertas yang tersedia. Ukuran kertas di pasaran telah mengikuti standar ISO yang terdiri dari ISO A, B, C, D, R, dan F.

Di Indonesia, standar ISO yang digunakan adalah dari ISO A, B, C, R, dan F. Namun ketika menyangkut pencetakan, umumnya menggunakan ISO A seperti A6, A5, A4, dan lainnya.

Seperti yang Kamu lihat, ukuran kertas yang digunakan juga berbeda, tidak seperti kertas yang biasa digunakan di kantor yang menggunakan ISO F, misalnya F4 atau lebih dikenal dengan kertas folio dengan ukuran 210 x 330 mm.

Kertas Art Paper

jenis kertas art paper

Bahan Art Paper tidak cocok untuk menulis karena permukaannya yang licin. Itu sebabnya Kamu sering menemukan kertas Art Paper yang digunakan untuk cetakan promosi dalam ukuran kecil seperti kartu undangan atau kartu bisnis. Gramasi kertas yang populer digunakan adalah 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr. Selain itu, Gramasi kertas juga mempengaruhi ketebalan kertas Art paper.

Kertas Art Paper adalah jenis kertas yang sangat terkenal dan umumnya digunakan dalam pembuatan kalender dinding, brosur, selebaran atau poster untuk keperluan promosi.

Kertas Art Carton

jenis kertas art Carton

Art Karton memiliki sifat yang mirip dengan Art paper, tetapi bahan dasarnya adalah kardus. Selain itu, karton seni memiliki berat kertas yang lebih berat dan lebih tebal dari kertas Art Paper. Gramasi kertas yang populer digunakan adalah 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260gr, 310 gr, 350 gr, dan 400 gr.

Jenis kertas ini sangat cocok untuk membuat kalender, profil perusahaan, kartu nama, kartu undangan, katalog atau buklet.

Fancy Paper

jenis kertas Fancy Paper

Bahan lain yang bisa dipertimbangkan adalah Fancy Paper atau kertas mewah. Jenis kertas ini sangat cocok untuk membuat kartu undangan, karena teksturnya yang unik yang dapat memberikan kesan premium. Gramasi kertas yang tersedia di pasaran adalah 80 gr, 100 gr, 220 gr, dan 300 gr.

Corrugated

jenis kertas corrugated

Bahan ini memiliki bentuk seperti karton tetapi lebih tipis dengan lapisan kertas bergelombang di dalamnya. Corrugated cukup tebal sehingga dapat digunakan untuk kemasan produk atau kartu undangan eksklusif untuk berbagai acara formal. Tetapi umumnya warna kertas Corrugated hanya tersedia dalam warna coklat, sehingga agak sulit untuk dibuat.

Ivory

jenis kertas Ivory

Kertas Ivory memiliki karakteristik yang mirip dengan Art Paper dan art carton. Tetapi warna kertas Ivory buram dan hanya satu sisi yang memiliki permukaan halus. Gramasi kertas yang biasa digunakan adalah sekitar 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, dan 400 gr. Jenis kertas ini sangat cocok untuk poster, buku agenda, dan pengemasan produk makanan seperti baki kertas atau kotak kebab.


Kertas BW / BC / Manila

Di luar Art Carton, kertas BW juga merupakan bahan yang biasa digunakan untuk kartu bisnis, buklet, atau kalender. Kertas BW (blues white) memiliki beberapa nama seperti kertas BC atau kertas manila. Jenis kertas ini tersedia dalam beberapa warna dengan tekstur halus di permukaan. Gramasi kertas populer digunakan 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

Kertas Samson

jenis kertas Samson

Kertas ini sebenarnya hasil daur ulang dan lebih sering digunakan untuk kantong kertas atau amplop surat. Jenis kertas ini cukup mudah ditemukan karena banyak dijual sebagai gulungan di toko alat tulis dan fotokopi. Umumnya, kertas coklat kertas Samson tersedia dalam 70 gr, 80 gr, 150 gr, dan 220 gr.

Kertas Dupleks

Jenis kertas yang paling mudah dikenali dan sering digunakan untuk kemasan makanan, seperti kotak kue, kotak nasi, dan lainnya. Ada dua varian kertas dupleks, satu dengan sisi putih dan yang lainnya dengan sisi abu-abu dan sisi putih di kedua sisi. Kertas dupleks juga memiliki beberapa jenis berat kertas, yaitu 230 gr, 250 gr, 270 gr, 300 gr, 350 gr, dan 400 gr.

Kertas Jasmine

jenis kertas Samson
Jenis kertas ini bisa menjadi salah satu pertimbangan ketika Kamu ingin menciptakan kesan mewah saat digunakan untuk kartu undangan. Kesan mewah akan terlihat karena karakteristik kertas Jasmine yang memiliki Gliter berkilau di permukaannya. Selain itu, kertas Jasmine juga cocok sebagai amplop untuk keperluan kantor.

Concorde

jenis kertas Concorde
Kertas Concorde bisa menjadi alternatif lain. Memiliki berat kertas sekitar 160 gr, 220 gr dan 250 gr. Ada berbagai warna dan umumnya dijual per bungkus berisi 20 lembar. Kertas ini cocok untuk kartu bisnis dan buklet karena memiliki tekstur yang lembut saat dipegang.


Kertas linen / Buffalo

Jenis kertas bertekstur dengan berbagai pilihan warna dan cukup tebal. Kertas linen sangat mirip dengan kertas Buffalo, bahkan sering salah mengartikan jenis kertas yang sama. Pemberi kertas biasa yang digunakan adalah 200 gr dan 250 gr. Kertas linen sering digunakan untuk sampul agenda, buku catatan atau buku.

Kertas karton

jenis dan karakteristik kertas Karton
Kertas tebal dan sangat kaku, umumnya tersedia dalam warna coklat dan kuning. Kertas papan itu sendiri termasuk kardus, hanya tebalnya bervariasi dari 0,4 mm hingga paling tebal 4,3 mm. Jenis kertas ini biasa digunakan sebagai bahan sampul buku. Fungsi lain dapat digunakan untuk papan pengumuman di sekolah atau kantor.


Kertas NCR

Beberapa orang menyebut kertas NCR sebagai kertas karbon. Fungsi kertas karbon dan kertas NCR memang sama, untuk menyembunyikan teks.

NCR sendiri adalah kependekan dari Non Carbon Required. Sangat berguna dalam membuat catatan, kwitansi atau bukti transaksi lainnya. Karena tujuan utamanya adalah menyalin beberapa dokumen. Kertas NCR memiliki berbagai warna, tekstur lembut, dan sangat tipis. Berikut ini adalah ilustrasi tentang cara kerja kertas NCR.

Kertas HVS

Kertas HVS adalah jenis kertas yang paling terkenal dan sangat sering digunakan dalam setiap kesempatan. Putih dengan tekstur agak kasar sehingga sangat cocok untuk menulis, mencetak dokumen atau buku, dan keperluan kantor lainnya. Ukuran kertas HVS juga tersedia dalam ukuran A4 hingga ukuran A0, F4, dan Q4. Gramasi kertas yang tersedia di pasaran adalah 70 gr, 80 gr, dan 100 gr.


Mengetahui jenis kertas menjadi prioritas ketika Kamu ingin mencetak bahan untuk kebutuhan bisnis Kamu . Dengan mengetahui karakteristik masing-masing jenis, dapat membantu Kamu merencanakan sehingga pemilihan bahan akan lebih tepat. Tapi ingat! Tidak semua perusahaan percetakan menggunakan jenis kertas yang sama sehingga Kamu harus meminta sampel kertas terlebih dahulu untuk memastikan.
LihatTutupKomentar
Cancel