5 Perbedaan CV dengan Portofolio yang Perlu Tahu

6 Perbedaan CV dengan Portofolio yang Perlu Tahu

Bannerspanduk.com - CV & Portfolio Pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Terutama untuk para pekerja dan pencari kerja. Semua sudah mengetahui tentang hal itu. Namun, sudah paham dengan perbedaan antara CV dan Portofolio? Jika belum, Kamu dapat melihat ulasan berikut ini yang akan membahas perbedaan CV dengan Portofolio.

1. Menginformasikan dengan Menunjukan


Perbedaan paling utama dan jelas adalah data yang dimuat di dalam Curriculum Vitae pada umumnya harus bisa menggambarkan siapa Kamu berdasarkan deskripsi kata dan biodata yang dicantumkan. Lengkap, mulai dari data mendasar seperti tanggal lahir, agama, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, sampai kemampuan teknis yang Kamu miliki. Semuanya uraikan di dalam CV. Lain halnya dengan portofolio, Kamu tidak harus menginformasikan, melainkan menunjukkan. Maksudnya, Kamu harus menggambarkan potensi dan kemampuan diri berdasarkan kumpulan hasil karya. Misalnya, kumpulan sketches & blueprints bagi para arsitek, desain bagi para desainer, hingga kumpulan tulisan bagi para jurnalis atau penulis.

2. Mendapatkan dengan Membuktikan


CV dan Portofolio sebenarnya adalah satu kesatuan dan saling melengkapi. Itulah mengapa tidak sedikit perusahaan yang menginformasikan kepada calon pelamar kerja untuk membuat CV dan Portofolio. Dalam hal ini terdapat perbedaan yang terlihat. Jika CV dibuat untuk mendapat perhatian dari penyeleksi karyawan dengan informasi yang panjang serta komplit. Mulai dari informasi pribadi hingga pendidikan, dan karir sebelumnya. Sedangkan portofolio dapat menjadi poin tambahan sehingga dapat membuktikan kepada penyeleksi karyawan bahwa Kamu layak ikut tahap selanjutnya atau langsung diterima. Ada baiknya jika Kamu melamar pekerjaan untuk mencantumkan portofolio. Sebab ini akan menjadi penentu Kamu di perusahaan tersebut.

Baca Juga : 6 Tips Membuat Portofolio agar terlihat Profesional


3. Pengalaman dengan Potensi


Cv biasanya mendeskripsikan mengenai ragam hal, terutama pengalaman bekerja atau sebagainya. Berbeda dengan portofolio, Kamu dapat mendeskripsikannya lebih lengkap dan cenderung kumpulan karya yang pernah dikerjakan. Dengan begitu akan lebih menarik perhatian para penyeleksi karyawan. Selain dapat melihat pengalaman Kamu , mereka juga mendapatkan deskripsi mengenai potensi dalam bidang yang sesuai. Bahkan, kelengkapan data seperti ini yang lebih dibutuhkan mereka para rekruter. Cv memang hanya dapat menginformasikan identitas Kamu secara lengkap, namun portofolio dapat memperlihatkan potensi diri secara lebih mendalam.

4. Umum dengan Spesifik


Satu lagi nih, perbedaan yang nggak kalah penting! Jika satu CV bisa Kamu tujukan ke berbagai posisi yang akan Kamu lamar karena sifatnya yang umum, berbeda halnya dengan portofolio. Misalnya, saat ingin melamar untuk posisi Content Writer, maka portofolio yang harus diberikan adalah rangkuman karya tulis Kamu . Kenapa? Karena rekruter ingin melihat kemampuan Kamu menulis. Nah, saat Kamu juga ingin melamar posisi lain, misalnya Desain Grafis, Kamu  tidak bisa, pakai portofolio dari posisi Content Writer itu. Kenapa? Jelas dong, kalau untuk desain grafis, rekruter ingin melihat kelihaian dalam menuangkan imajinasi lewat komposisi grafis. Makanya, portofolio itu harus disusun dengan tujuan sespesifik mungkin. Ada baiknya juga disesuaikan dengan identitas perusahaan itu. Misalnya, Kamu ingin melamar untuk perusahaan berbasis musik, maka cantumkan portofolio yang berkaitan dengan permusikan juga.

5. Kelengkapan dengan Karakter


Selanjutnya adalah detil isi yang dimuat. Untuk Curriculum Vitae, informasi yang ingin diberikan harus dirangkum dengan lengkap, namun diatur dengan sesimpel mungkin. Sehingga rekruter Tidak akan bingung. Nah, kalau portfolio tidak harus panjang dan lengkap, meski kadang semakin banyak semakin bagus. Intinya adalah harus bisa menunjukkan karakter, talenta, dan kekuatan dari lembaran portofolio itu. Tunjukkan hal yang bikin Kamu memiliki perbedaan dan standouts diantara pelamar lainnya. Mungkin dalam hal goresannya, gaya tulisannya, ataupun karakter dan konsep unik. Kamu  harus meyakinkan rekruter kalau karakter ini bisa membawa perusahaan maju dan siap bersaing dengan yang lain.

Itulah beberapa perbedaan CV dengan Portofolio yang perlu diketahui sebelum membuatnya. Selain isinya yang lengkap, Kamu juga harus membuat desain portofolio yang menarik rekruter. Saat ini sudah banyak aplikasi online yang menyediakan desain cv mau pun portofolio, Kamu hanya perlu menggunakannya secara gratis. Selain itu, Kamu juga harus mencetaknya jika suatu saat perusahaan meminta bukti fisik portofolio.
LihatTutupKomentar
Cancel